Warga mengarungi jalan yang banjir di tengah hujan deras di Zhengzhou, Provinsi Henan, China..
Sumber :
  • Reuters

25 Orang Tewas Akibat Banjir Di Kota Zhengzhou China

Kamis, 22 Juli 2021 - 04:01 WIB

Jakarta, tvOne

Sedikitnya 25 orang tewas di Zhengzhou, kota di China Tengah, setelah banjir besar yang dipicu oleh hujan lebat selama berhari-hari.

Hujan menyapu jalan-jalan di ibu kota Provinsi Henan itu, memaksa pengendara kendaraan bermotor mengarungi permukaan air setinggi pinggang yang menenggelamkan sebagian dan bahkan menghanyutkan mobil-mobil.

Banjir juga menenggelamkan kereta bawah tanah Zhengzhou. Para penumpang kereta memposting video di media sosial sambil menunggu penyelamatan di air berlumpur setinggi pinggang. Seorang penumpang bernama Xiaopei memposting di Weibo bahwa “air di gerbong telah mencapai dada mereka.”

Puluhan waduk dan bendungan telah mencapai titik kritis. Pihak berwenang setempat memperingatkan bahwa bendungan Yihetan di kota di dekatnya, Luoyang, telah berada di ambang keruntuhan.

Pihak berwenang telah mengevakuasi 100 ribu warga ke zona-zona aman.

Provinsi Henan yang berpenduduk sekitar 94 juta orang, telah mengalami hujan lebat selama seminggu ini. Pakar cuaca menyatakan Zhengzhou diguyur hujan tiga hari dengan curah yang biasanya turun dalam setahun.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:09
01:56
00:49
01:46
04:06
01:58
Viral