Jamaah Haji.
Sumber :
  • tvone

Ibadah Haji 1442 H Berakhir, Jemaah Mulai Meninggalkan Mekkah

Jumat, 23 Juli 2021 - 14:24 WIB

Mekkah, Arab Saudi - Pelaksanaan rangkaian ibadah haji 2021 atau 1442 Hijriyah tinggal menyisakan ibadah akhir yaitu thawaf wada atau thawaf perpisahan. Jemaah haji dengan menjaga jarak berjalan mengitari Kabah sebanyak tujuh kali untuk kali terakhir sebelum meninggalkan kota Mekkah dan kembali ke rumah masing masing.

Dalam kondisi normal sebelum pandemi, pada tanggal 13 Dzulhijah atau hari Jumat (23/7) sebagian jemaah masih berada di Mina untuk melaksanakan ibadah lempar Jumrah hari ke-empat atau melakukan nafar akhir. Ini biasa terjadi karena banyaknya jumlah jemaah haji di masa sebelum pandemi yang mencapai dua setengah juta dari seluruh dunia.

 Jemaah haji yang telah melaksanakan lempar jumrah hingga hari ketiga tanggal 12 Dzulhijah sudah bisa meninggalkan mina atau melakukan nafar awal. Namun, bila karena alasan apapun jemaah belum juga keluar dari Mina saat maghrib tanggal 12 Dzulhijah mereka wajib menginap satu malam lagi di Mina dan melakukan lempar jumrah hari keempat dan melakukan nafar akhir atau keluar dari Mina pada tanggal 13 Dzulhijah.

Tahun ini tidak ada jemaah melakukan nafar akhir karena total jumlah peserta haji hanya 60 ribu. 300 diantaranya adalah warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi. Seperti juga tahun lal, haji tahun ini masih berlangsung secara terbatas dengan tidak menerima jamaah dari Negara lain. (irw/Reuters/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:42
02:50
01:21
03:06
01:36
01:46
Viral