Warga Jepang Unjuk Rasa Tolak Olimpiade Tokyo 2020 di Luar National Stadium.
Sumber :
  • Reuters

Demo Warga Jepang Desak Olimpiade Tokyo Dihentikan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 13:19 WIB

Tokyo, Jepang - Olimpiade Tokyo 2020 terus mendapat penentangan dari warga Jepang. Saat berlangsung pesta pembukaan Olimpiade di National Stadium, Jumat (23/7) malam, ratusan warga Jepang berdemonstrasi di luar stadion. Mereka menyerukan yel-yel hentikan Olimpiade.

Pengunjuk rasa mengusung tema “Lebih Memilih Keselamatan Nyawa Dibanding Olimpiade”. Mereka beralasan penyelenggaraan Olimpiade saat pandemi Covid-19 sangat berisiko memicu lonjakan kasus baru di Tokyo.

Olimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung hingga 8 Agustus mendatang menghadirkan sekitar 11 ribu atlet dari 204 negara di dunia. Meski telah menjalankan berbagai upaya pencegahan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat di hari kedua sudah lebih seratus orang yang terlibat Olimpiade terkonfirmasi positif Covid-19. Termasuk para atlet yang terpaksa dibatalkan keikutsertaannya di pertandingan Olimpiade. Rekan rekan atlet yang kontak fisik dengan yang terpapar juga diwajibkan menjalankan isolasi.

Berdasarkan jajak pendapat terbaru di koran lokal, Asahi, lebih dari 50 persen responden di Jepang ingin Olimpiade dibatalkan atau kembali ditunda. Olimpiade Tokyo seharusnya berlangsung tahun lalu, tetapi mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19 sehingga baru berlangsung tahun ini. Salah satu faktor yang memicu kekhawatiran rakyat Jepang adalah lambannya vaksinasi Covid-19. Saat ini baru sekitar sepertiga warga Jepang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19, itu pun baru dosis pertama. (reuters/irw/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
20:11
09:55
13:31
06:01
02:57
Viral