Jalanan yang banjir akibat diguyur hujan deras di Zhengzhou, provinsi Henan, China..
Sumber :
  • Reuters

302 Tewas Dan 50 Lainnya Hilang Akibat Bencana Banjir Di China

Selasa, 3 Agustus 2021 - 01:42 WIB

Jakarta, tvOne

Lebih dari 300 orang tewas dalam banjir baru-baru ini di China Tengah, kata pihak berwenang hari Senin. Angka tersebut tiga kali lipat dari jumlah yang diumumkan sebelumnya.

Pemerintah provinsi Henan menyatakan 302 orang tewas dan 50 lainnya belum ditemukan. Mayoritas korban ditemukan di Zhengzhou, ibu kota provinsi, di mana 292 tewas dan 47 lainnya hilang. Sepuluh orang lagi tewas di tiga kota lainnya, kata para pejabat pada konferensi pers.

Hujan dengan curah yang mencapai rekor telah mengguyur Zhengzhou pada 20 Juli, membuat jalan-jalan menjadi sungai yang mengalir deras dan membanjiri setidaknya sebagian jalur kereta bawah tanah. Video yang diposting online menunjukkan mobil-mobil hanyut dan orang-orang tampak putus asa terperangkap di dalam gerbong-gerbong kereta bawah tanah sementara permukaan air naik. Empat belas orang tewas akibat banjir di kereta bawah tanah.

Jumlah korban yang diumumkan sebelumnya pada hari Jumat adalah 99 orang.

Pihak berwenang menyatakan 189 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor, 54 karena tertimpa rumah yang ambruk dan 39 lainnya di tempat-tempat di bawah permukaan seperti di ruang bawah tanah dan garasi, termasuk di kereta bawah tanah Jalur 5. Enam lainnya tewas di terowongan di mana lebih dari 200 kendaraan dikeluarkan setelah tempat itu dikeringkan, kata berbagai laporan media China.

Kota Zhengzhou diguyur hujan dengan curah 20 sentimeter dalam satu jam mulai pukul 4 sore. Anak-anak terjebak di sekolah-sekolah, dan orang-orang terpaksa menginap di tempat kerja mereka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral