Pemandangan gedung yang runtuh setelah gempa bumi magnitudo 7,2 di Les Cayes, Haiti, 14 Agustus 2021..
Sumber :
  • REUTERS

Gempa Magnitudo 7,2 di Haiti Hancurkan Ribuan Bangunan

Minggu, 15 Agustus 2021 - 07:31 WIB

Havana - Gempa bermagnitudo 7,2 di haiti mengakibatkan sedikitnya 949 rumah, tujuh gereja, dua hotel dan tiga sekolah hancur. Selain itu, disebutkan bahwa 723 rumah, satu penjara, tiga pusat kesehatan dan tujuh sekolah telah rusak.

Meski demikian, dilaporkan tidak ada kerusakan besar pada infrastruktur pelabuhan, bandara atau telekomunikasi.

Perdana Menteri Ariel Henry, yang terbang di atas wilayah itu untuk mengamati kerusakan, menyatakan keadaan darurat selama sebulan.

Di Kota Les Cayes, tercatat banyak bangunan runtuh atau mengalami kerusakan besar. "Saya melihat mayat-mayat ditarik keluar dari puing-puing, orang-orang yang terluka dan mungkin tewas," kata penduduk Les Cayes, Jean Marie Simon (38)

Saat gempa terjadi, Jean Marie sedang berada di pasar. Ia kemudian berlari pulang untuk melihat apakah keluarganya selamat setelah gempa terjadi. "Saya mendengar tangisan kesakitan di mana-mana yang saya lewati," kata Jean.

"Ada banyak gempa susulan dan setiap kali ada, orang-orang berlarian dan berteriak," katanya. "Kakiku masih gemetar."

Badan pemantau aktivitas geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan sejumlah besar penduduk berada pada risiko tanah longsor. Layanan Perlindungan Sipil Haiti mengatakan tanah longsor telah memblokir jalan raya antara Les Cayes dan kota Jeremie. (ito/reuters)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral