Gempa di Haiti sebanyak 304 orang tewas.
Sumber :
  • Antara

Gempa Magnitudo 7,2 Tewaskan 304 Orang Di Haiti

Minggu, 15 Agustus 2021 - 15:30 WIB

Les Cayes, Haiti – Pemerintah Haiti memberlakukan kondisi darurat bencana di sejumlah propinsi selama satu bulan. Ini untuk menanggulangi bencana gempa bumi magnitudo 7,2 yang terjadi Sabtu (14/8) waktu setempat dan berlanjut dengan serangkaian gempa susulan.

Akibat gempa bumi yang melanda wilayah barat daya Haiti, sebanyak 304 orang tewas 1.800 lainnya terluka. Gempa juga menghancurkan 949 rumah, tujuh gereja, dua hotel dan tiga bangunan sekolah. Ini belum termasuk bangunan yang rusak sebagian yaitu sebanyak723 rumah, satu penjara, tiga pusat kesehatan dan tujuh sekolah.

Beruntung gempa tidak sampai merusak pelabuhan, bandar udara ataupun infrastruktur telekomunikasi.

United States Geological Survey (USGS) menyatakan pusat gempa berada 8 km dari kota Petit Trou de Nippes, atau 150 km di barat ibu kota Port-au-Prince dengan kedalamannya 10 km.USGS menambahkan, gempa telah menyebabkan risiko tanah longsor yang mengancam banyak penduduk di Haiti.

Menurut layanan perlindungan sipil Haiti tanah longsor telah menutup akses jalan antara kota  Les Cayes dan kota Jeremie.

Operasi penanggulangan bencana di Haiti dikhawatirkan terinterupsi terjangan badai tropis Grace yang diprediksi mungkin akan melintasi Haiti awal pekan depan dan akan memicu hujan lebat dan angin kencang.

Selain cuaca buruk, penanggulangan bencana juga terkendala gangguan keamanan karena akses menuju daerah bencana rawan gangguan gang kriminal lokal. Polisi memastikan akan mengawal ketat semua rombongan petugas, relawan atau pembawa bahan bantuan yang menuju daerah bencana. (reuters/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
Viral