Virus Cacar Monyet Telah Memasuki Amerika Serikat dan Eropa.
Sumber :
  • AP Photo via Al Jazeera

Amerika Serikat dan Eropa Dijangkiti Virus Cacar Monyet

Jumat, 20 Mei 2022 - 09:58 WIB

Setelah kasus baru muncul di Eropa dan Amerika Serikat mengonfirmasi infeksi pertama virus cacar monyet, pihak otoritas kesehatan saat ini semakin waspada terhadap wabah tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera, Portugal menginformasikan bahwa pada Rabu (18/5), mereka telah mengidentifikasi 5 kasus cacar monyet. Sedangkan Spanyol diketahui sedang menguji 23 potensial kasus, dan Massachusetts Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan telah menemukan kasus pada seorang pria yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke Kanada.

Diketahui Inggris adalah yang pertama mengonfirmasi kasus cacar monyet pada awal bulan ini. Sekarang telah dideteksi ada 7 kasus. Mereka telah bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyelidiki penyebaran virus.

Pihak otoritas kesehatan menduga beberapa infeksi mungkin terjadi melalui kontak seksual (dalam hal ini di antara gay atau biseksual). Empat kasus di Inggris diidentifikasi di antaranya ada orang-orang yang mengunjungi klinik kesehatan seksual setelah mengalami ruam yang terkait dengan cacar monyet.

“Belum ada sumber infeksi yang dikonfirmasi baik untuk keluarga atau klister GBMSM,” ujar WHO dalam pernyataannya pada Rabu (18/5).

“Berdasarkan informasi yang tersedia saat ini, infeksi tampaknya diperoleh secara lokal di Inggris. Tingkat penularan lokal tidak jelas pada tahap ini, dan ada kemungkinan identifikasi kasus lebih lanjut,” paparnya.

Lebih lanjut, cacar monyet diketahui mirip dengan cacar manusia. Biasanya dimulai dengan sakit flu dan pembengkakan kelenjar getah bening, dan diikuti dengan ruam pada wajah serta tubuh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral