Arsip - Virus cacar monyet dalam mikrograf tak bertanggal..
Sumber :
  • antara

Cacar Monyet Mulai Menyebar. Kemana Aja?

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:52 WIB

Jakarta - Cacar monyet adalah penyakit langka, sudah mulai menyebar sejumlah negara lainnya, terutama daerah eropa. Penyakit langka ini biasanya ditemukan di Afrika. Sejumlah kasus yang dikonfirmasi atau dicurigai juga telah dilaporkan di Inggris, Portugal dan Spanyol.

Kasus infeksi cacar monyet pertama kali teridentifikasi di Inggris. Tapi, pejabat kesehatan Amerika Serikat memperingatkan bahwa penyebaran virus ini dapat berpotensi tinggi bisa merlebar luas diluar Inggris dan mmempengaruhi orang-orang negara lain. 

Berikut beberapa negara yang terjangkit cacar monyet:
1. Kongo 
Cacar monyet pada manusia pertama kali teridentifikasi pada 1970 di Republik Demokratik Kongo. Saat itu cacar monyet ditemukan pada seorang anak kecil di lokasi di mana cacar air sudah dibasmi habis pada 1968.

Mengutip WHO, sejak saat itu, kasus penyakit mulai bermunculan di Kongo dan Afrika Barat. Kongo pun menjadi endemik cacar monyet pada 1996-1997.

2. Amerika Serikat
Pada musim semi 2003, kasus cacar monyet pertama kali dilaporkan terjadi di Amerika Serikat. Ini juga jadi pertanda bahwa penyakit ini sudah menyebar sampai keluar benua Afrika.

Sebagian besar pasien dilaporkan pernah melakukan kontak langsung dengan hewah peliharaan yang terinfeksi oleh tikus Afrika.

3. Inggris 
Pada 7 Mei 2022, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) melaporkan kasus cacar monyet yang terkait dengan perjalanan luar negeri. Orang yang terinfeksi tertular saat berada di Nigeria. Setelah terkonfirmasi terpapar monkeypox, UKHSA bekerjasama dengan National Health Service (NHS) untuk memberi tahu orang-orang yang mungkin telah melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral