Orang-orang berkumpul di luar bandara di Kabul, Afghanistan 18 Agustus 2021..
Sumber :
  • REUTERS/ASVAKA

Biden Perpanjang Masa Tinggal Pasukan AS di Afghanistan Untuk Bantu Evakuasi

Kamis, 19 Agustus 2021 - 08:41 WIB

Washington - Presiden Joe Biden mengatakan, Pasukan AS akan tinggal di Afghanistan melewati batas waktu 31 Agustus untuk mengevakuasi warga Amerika. Sementara Pentagon mengatakan militer AS saat ini tidak memiliki kemampuan untuk menjangkau orang-orang di luar bandara Kabul.

“Jika ada warga Amerika yang tersisa, kami akan tinggal sampai kami mengeluarkan mereka semua,” kata Biden kepada ABC News dalam sebuah wawancara yang dilakukan pada hari ketika banyak anggota parlemen AS menekannya untuk memperpanjang tenggat waktu yang telah dia tetapkan untuk penarikan terakhir.

Biden mendapat kecaman keras atas penanganan penarikannya, yang dalam beberapa hari terakhir didominasi oleh adegan kekacauan di dalam dan sekitar bandara Kabul dimana orang-orang mati-matian berusaha keluar dari negara itu.

Biden membela keputusannya, dengan mengatakan masalah tidak bisa dihindari dalam mengakhiri keterlibatan AS selama 20 tahun di sana.

"Gagasan bahwa entah bagaimana, ada cara untuk keluar tanpa kekacauan yang terjadi, saya tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi," katanya.

Dia juga mengatakan Taliban bekerja sama untuk saat ini dalam membantu mengeluarkan orang Amerika dari negara itu tetapi "kami mengalami kesulitan lagi" dalam mengevakuasi warga Afghanistan yang bersekutu dengan AS.

Kecepatan pasukan Taliban merebut kembali Afghanistan, ketika AS dan pasukan asing lainnya menarik diri, telah menyebabkan kekacauan di bandara. Diplomat, warga asing dan warga Afghanistan mencoba melarikan diri tetapi mereka terhalang oleh kerumunan dan pos pemeriksaan Taliban di bandara Kabul.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral