Istana Kepresidenan di IKN, rancangan Nyoman Nuarta.
Sumber :
  • Instagram @nyoman_nuarta

Hasil Pertemuan di Istana Kremlin, Vladimir Putin Dorong Russian Railways untuk Transportasi di IKN

Jumat, 1 Juli 2022 - 12:30 WIB

Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan negaranya siap menjadi salah satu mitra utamanya,  Indonesia, dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan di kancah internasional.

Menurut Vladimir Putin hubungan antara Rusia-Indonesia yang telah berlangsung lama atas dasar tradisi dan persahabatan, akan semakin membuka peluang baru dalam membangun kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, dan teknik.

"Kami memiliki potensi kerja sama bisnis baik dalam pengembangan infrastruktur, transportasi, dan logistik," papar Putin dalam pernyataan resmi ketika menemui Presiden Jokowi di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya hubungan kedua negara bisa diimplementasikan dalam pengembangan infrastruktur pembangunan kereta cepat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Indonesia.

Rusia, kata Putin, memiliki perusahaan negara bernama Russian Railways yang bergerak di bidang transportasi. Menurut Putin perusahaan itu dapat mengambil bagian dalam pembangunan transportasi skala besar di IKN Nusantara di Kalimantan.

"Moskow, sebagai ibu kota Rusia yang berkembang dengan cepat dan baik dengan peningkatan kualitas yang tinggi dapat berpartisipasi dalam pengembangan proyek ambisius ini," papar Putin.

Di luar itu, hasil pembicaraan Putin dengan Jokowi juga fokus pada bidang kerja sama penting seperti pertukaran budaya, kemanusiaan, hingga wisata. Imbas adanya pelonggaran anti Covid-19 di sejumlah negara untuk pelancong dan aturan bebas visa, akan mempermudah hal itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral