Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menyambut Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Bandara Songshan, Taipei, Taiwan, 2 Agustus 2022..
Sumber :
  • antara

Nancy Pelosi Mendarat di Taiwan, China Gelar Latihan Militer

Rabu, 3 Agustus 2022 - 10:30 WIB

Beijing, China - Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan menuai kecaman dari beberapa otoritas China. Setidaknya ada lima otoritas China yang mengeluarkan pernyataan bersama.

Kelima otoritas tersebut menganggap kunjungan Pelosi itu telah merusak fondasi kemitraan China-AS dan China akan mengambil tindakan yang diperlukan guna melindungi kedaulatan dan integritas wilayahnya.

elima otoritas China tersebut adalah Kementerian Luar Negeri (MFA), Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC), Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) Urusan Taiwan, Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (CPPCC) Urusan Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan Nasional (MND).

Selain lima otoritas yang mengeluarkan pernyataan kecaman, Tentara Pembebasan Rakyat China juga menggelar latihan militer di dekat Taiwan.

Sebelumnya, Badan Keselamatan Maritim China (MSA) telah mengeluarkan peringatan navigasi yang melarang kapal-kapal sipil melintasi perairan Laut Bohai dan Laut Timur China pada 3-6 Agustus 2022 untuk kepentingan latihan tempur PLA tersebut.

"Kami telah berulang kali menyatakan kepada pihak AS bahwa kami menentang kunjungan Pelosi ke Taiwan. Dan kami berharap para pejabat AS mengetahui dengan jelas pentingnya masalah ini karena adanya potensi bahaya dalam kunjungan ini," kata juru bicara MFA Hua Chunying.

Wakil Menlu China Xie Feng juga menyampaikan protes kepada Duta Besar AS untuk China Nicholas Burn pada Rabu pagi waktu setempat, terkait kunjungan Pelosi itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral