Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken.
Sumber :
  • Reuters

Komunitas Internasional Minta Taliban Ijinkan Penerbangan Sipil Terbangkan Pengungsi dari Afghanistan

Kamis, 9 September 2021 - 14:15 WIB

Jakarta - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, meminta pihak Taliban mengijinkan penerbangan charter yang membawa warga Amerika Serikat dan warga Afghanistan untuk berangkat meninggalkan Afghanistan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Blinken saat melakukan kunjungan ke pangkalan militer Amerika Serikat di wilayah Ramstein, Jerman, pada Rabu (8/9).

Blinken menambahkan pemerintah Amerika Serikat tengah melakukan segala upaya agar pesawat tersebut dapat lepas landas.

Akan tetapi, pihak Taliban masih belum mengijinkan pesawat charter yang mengangkut pengungsi asal Afghanistan untuk meninggalkan wilayah tersebut.

Hingga saat ini, sejumlah pesawat charter yang membawa pengungsi untuk keluar dari wilayah Afghanistan masih tertahan di Bandara Internasional Mazar-i-Sharif.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, mengatakan pemerintahan transisi yang tidak melibatkan pihak luar dari kelompok taliban tidak menunjukkan sinyal untuk kerjasama internasional serta stabilitas di wilayah Afghanistan.

Heiko Maas menambahkan, saat ini masih ada warga Jerman yang terjebak di Afghanistan dan pemerintah Jerman juga tengah mengupayakan agar seluruh warganya dapat kembali pulang. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral