Penampilan tank T-72B3M.
Sumber :
  • Sputnik/Valeriy Melnikov

Cegah Instabilitas Kawasan, Rusia Kirim 30 Tank ke Tajikistan

Minggu, 12 September 2021 - 11:43 WIB

Jakarta - Rusia akan mengirimkan 30 unit tank tempur modern ke Tajikistan, negara yang berbatasan langsung dengan Afghanistan. Langkah ini dibuat pasca mundurnya Amerika Serikat dan dikuasainya pemerintahan Afghanistan oleh pasukan Taliban.

Moskow khawatir guncangan yang terjadi di Afghanistan mempengaruhi stabilitas wilayah Asia Tengah. Mereka menduga peredaran narkoba dan migrasi ilegal ke negara-negara tetangga akan meningkat seiring kacaunya Afghanistan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pimpinan militer Rusia, 30 tank T-72B3M tersebut akan menggantikan pasukan tank biasa yang ditugaskan menjaga wilayah tersebut.

Tank modern ini disebut memiliki pelindung baja yang lebih kuat dan meriam yang dilengkapi dengan teknologi pengintai thermal. Sistem komunikasi tank T-72B3M juga dilengkapi dengan penahan suara agar kru tank tetap dapat berkoordinasi walaupun dalam posisi aktif menggempur musuh.

Rusia berencana meningkatkan bantuan pertahanannya kepada enam negara mantan anggota Uni Soviet yang berbatasan dengan Afghanistan. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral