Masyarakat Taiwan berlatih menembakkan senapan angin di sebuah organisasi pelatihan sipil swasta bernama Polar Light Training di New Taipei City, Taiwan pada 21 Juni 2022..
Sumber :
  • APTN

Di Tengah Kekhawatiran Invasi China, Taiwan Mulai Melatih Pasukan Cadangan

Senin, 5 September 2022 - 11:53 WIB

Taipei - Taiwan mulai memobilisasi rakyatnya yang tergabung di dalam pasukan cadangan untuk mulai melakukan latihan militer. Hal ini adalah bagian dari upaya Taiwan menghadapi invasi China.

Invasi Rusia ke Ukraina telah memberikan contoh bagaimana efektifnya memobilisasi warga sipil ketika diserang. 

Invasi China sendiri sepertinya tidak akan terjadi. Latihan militer besar-besaran China ini terjadi untuk merespon kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke Taiwan. 
 
Para ahli mengatakan bahwa pertahanan sipil dan pasukan cadangan memiliki efek pencegah yang penting, menunjukkan agresor potensial bahwa risiko invasi tinggi. Bahkan sebelum invasi ke Ukraina pada bulan Maret, Taiwan bekerja untuk mereformasi keduanya. Pertanyaannya adalah apakah itu akan cukup.

Cadangan Taiwan dimaksudkan untuk mendukung militernya yang beranggotakan 188.000 orang, yang terdiri dari 90% sukarelawan dan 10% pria yang melakukan empat bulan wajib militer. Di atas kertas, 2,3 juta pasukan cadangan memungkinkan Taiwan untuk menandingi militer China yang berkekuatan 2 juta orang.

Namun, sistem cadangan telah lama dikritik. Banyak orang, seperti Chen (mantan petinggi Militer), merasa pelatihan tujuh hari untuk sebagian besar mantan tentara adalah buang-buang waktu karena tidak mempersiapkan mereka dengan cukup baik.

Jumlah cadangan siap tempur (mereka yang dapat segera bergabung dalam pertempuran garis depan) hanya sekitar 300.000, kata Wang Ting-yu, seorang anggota parlemen dari Partai Progresif Demokratik yang menjabat di komite pertahanan di legislatif.

“Di Ukraina, jika dalam tiga hari pertama perang itu berantakan, tidak peduli seberapa kuat militer Anda, Anda tidak akan mampu berperang,” kata Wang. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral