Masyarakat India Tumpah Ruah Hadiri Festival.
Sumber :
  • Rueters

Gelar Festival Dewa, Warga India Kembali Berkerumun Di Tengah Pandemi

Senin, 20 September 2021 - 04:54 WIB

Telangana, India - Ribuan orang tumpah ruah di ruas-ruas jalanan di seluruh India, minggu waktu setempat (19/9). Tak lain mereka ingin merayakan festival dewa Ganesha atau festival Ganesh Chaturthi.

Ada ribuan umat hindu di india bersuka cita merayakan festival ini, festival sendiri ini tidak hanya digelar di satu lokasi melainkan di berbagai lokasi di penjuru India.

Ditiap-tiap lokasi festival, dibuat patung dewa ganesha yang dibawa berkeliling kemudian umat hindu berdoa di depan patung tersebut.

Selanjutnya patung itu direndam di sungai, danau, atau laut, sesuai dengan kepercayaan umat hindu yang disebut sebagai Visarjan.

Visarjan sendiri berarti entitas para dewa kembali ke tempat asal mereka usai menjadi tamu bagi para umat hindu yang merayakan festival ini.

Kendati demikian, animo warga India merayakan festival ini tidak sejalan dengan aturan protokol kesehatan yang diterapkan di tengah pandemi covid 19.

Sayangnya ribuan warga bahkan berkerumun tanpa mementingkan jaga jarak dan memakai masker. Festival digelar di saat india tengah mengalami lonjakan covid-19 dalam seminggu terakhir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral