Serangan drone "Kamikaze" meneror ibu kota Ukraina, Kiev..
Sumber :
  • APTN

Drone “Kamikaze” Meneror Ibu Kota Ukraina, 4 Orang Tewas

Selasa, 18 Oktober 2022 - 15:50 WIB

Jakarta - Gelombang dronekamikaze” berbahan peledak melanda ibu kota Ukraina pada Senin (17/10/2022). Sejumlah bangunan terbakar dan berlubang akibat dari serangan drone tersebut. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan ini adalah upaya Rusia untuk meneror warga sipil nya.

Penggunaan drone Kamikaze yang terkonsentrasi ini adalah serangan kedua dalam beberapa minggu, setelah berbulan-bulan serangan udara sudah jarang terjadi di pusat kota Kiev.

Serangan itu menabur ketakutan saat ledakan mengguncang kota. Fasilitas energi diserang dan satu drone “kamikaze’ meruntuhkan sebagian besar bangunan perumahan yang menewaskan empat orang.

Serangan udara Rusia ke kota Kiev sebelumnya sebagian besar dilakukan dengan rudal. Analis percaya drone Shahed yang bergerak lebih lambat dapat diprogram untuk secara akurat mencapai target tertentu dengan menggunakan GPS, kecuali jika sistem gagal.

Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko mengatakan serangan drone “kamikaze” pada Senin (17/10/2022) kemarin datang dalam 28 gelombang berturut-turut. Banyak orang mengkhawatirkan serangan itu bisa menjadi mode serangan yang lebih umum, karena menipisnya stok rudal presisi jarak jauhnya Rusia.

“Lima drone terjun di kota Kiev dengan sendirinya. Setidaknya, total ada 13 drone berhasil ditembak jatuh. Semua drone tersebut terbang dari arah selatan," kata juru bicara Angkatan Udara Ukraina dilansir dari AP News (18/10/2022).

Satu serangan tampaknya menargetkan titik jaringan kota, mengenai pusat operasi kota. Drone yang lainnya menabrak bangunan tempat tinggal berlantai empat, meruntuhkan setidaknya tiga apartemen. Empat mayat ditemukan, termasuk seorang wanita tua, seorang pria, dan seorang wanita yang hamil 6 bulan dan suaminya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral