Pemilu Jerman.
Sumber :
  • Reuters

Partai Angela Merkel Kalah di Exit Poll Pemilu Jerman

Senin, 27 September 2021 - 02:25 WIB

Jakarta, tvOne

Jerman menggelar pemungutan suara pada hari Minggu waktu setempat, untuk menentukan komposisi parlemen yang akan memainkan peranan penting dalam mencari Kanselir baru Jerman.

Menurut hasil exit poll partai kiri - tengah, Sosial Demokrat menjadi pesaing utama dari partai Kanselir  Angela Merkel yang sementara unggul tipis dalam pemunggutan suara.

Hasil exit poll salah satu lembaga survei partai Sosial Demokrat (SPD) unggul 26 persen. Sementara partai CDU dan CSU yang menjadi naungan Kanselir Angela Merkel meraih 24 persen jumlah perolehan suara terendah sepanjang pemilu.

Posisi ketiga diisi oleh partai Green dengan perolehan suara 15 persen dan kemudian disusul partai Demokrat Bebas Liberal atau FDP dengan 11 persen suara.

Jika hasil akhir tidak berbeda signifikan dari hasil exit poll, maka proses pembentukan koalisi pemerintahan di Jerman akan menemui proses panjang dan kompleks.

Selama pemerintahan baru belum terbentuk, Kanselir Angela Merkel tetap akan menjabat sebelum menyerahkan jabatannya setelah 16 tahun berkuasa di Jerman.(Ar/Jeg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral