Dua Militer Republik Ceko Menjaga Rumah Sakit Tempat Presiden Zeman Dirawat.
Sumber :
  • Associated Press

Presiden Republik Ceko Milos Zeman Dilarikan ke Rumah Sakit

Senin, 11 Oktober 2021 - 05:59 WIB

Praha - Presiden Republik Ceko Milos Zeman dilarikan ke rumah sakit pada Minggu (10/10) waktu setempat karena mengalami komplikasi. Presiden Zeman saat ini tengah dirawat di ruang perawatan intensif rumah sakit pusat militer di Praha.

Menurut direktur rumah sakit, Miroslav Zavoral Presiden Zeman mengalami komplikasi meski tidak dijelaskan secara gamblang. Presiden Zeman pada 14 September lalu juga dilarikan ke rumah sakit hanya untuk menjalani pemeriksaan.

Menurut kantor Kepresidenan Republik Ceko, sang presiden tidak menunjukkan adanya masalah kesehatan yang mengancam jiwanya hanya dehidrasi dan sedikit kelelahan. Presiden Zeman yang telah berumur 77 tahun diketahui merupakan seorang perokok berat dan gemar minum minuman beralkohol. Ia juga memiliki riwayat penyakit diabetes dan neuropati,  ia kesulitan berjalan sehingga harus menggunakan kursi roda selama menjalani aktivitasnya.

Mempertimbangkan kondisi Presiden Zeman saat ini maka pembentukan pemerintahan baru harus ditunda sementara waktu yang berujung pada timbulnya ketidakpastian politik. Dalam konstitusi Ceko presiden memiliki posisi strategis dan memainkan peranan penting karena dapat menunjuk langsung para pejabat-pejabat di pemerintahan termasuk memilih Perdana Menteri. (ap/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
02:07
01:01
01:24
06:03
00:58
Viral