Reruntuhan bangunan akibat gempa bumi magnitudo 7,8 di Turki.
Sumber :
  • AP

Petugas Masih Cari Korban Gempa Magnitudo 7,8 di Turki, Jumlahnya Terus Bertambah

Senin, 6 Februari 2023 - 13:55 WIB

Ankara, Turki - Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter menghantam Turki selatan dan Suriah utara Senin pagi, merobohkan bangunan dan memicu pencarian korban yang selamat di reruntuhan di kota-kota besar dan kecil di seluruh wilayah. 

Sedikitnya 360 tewas dan ratusan luka-luka, dan jumlah korban diperkirakan akan meningkat, demikian dikutip dari APnews, Senin (6/2/2023).

Di kedua sisi perbatasan, penduduk tersentak dari tidurnya akibat gempa menjelang fajar yang bergegas keluar pada malam musim dingin yang dingin, hujan, dan bersalju, saat bangunan rata dengan tanah dan gempa susulan yang kuat berlanjut.

Petugas penyelamat dan penduduk mencari korban selamat di bawah puing-puing rumah mereka di beberapa kota, bekerja melalui logam yang kusut dan bongkahan beton.

Di kota Adana, Turki, seorang penduduk mengatakan tiga bangunan di dekat rumahnya runtuh. "Saya tidak punya kekuatan lagi," terdengar seorang korban selamat berteriak dari bawah reruntuhan saat petugas penyelamat berusaha menghubunginya, kata warga, mahasiswa jurnalistik Muhammet Fatih Yavus. Lebih jauh ke timur di Diyarbakir, derek dan tim penyelamat membawa orang-orang dengan tandu keluar dari tumpukan lantai beton yang dulunya merupakan gedung apartemen.

Di sisi perbatasan Suriah, gempa menghancurkan wilayah yang dikuasai oposisi yang dipenuhi sekitar 4 juta orang yang mengungsi dari bagian lain Suriah akibat perang saudara yang berkepanjangan di negara itu. Banyak dari mereka hidup dalam kondisi jompo dengan sedikit perawatan kesehatan. Petugas penyelamat mengatakan rumah sakit di daerah itu penuh sesak.

"Kami khawatir kematian mencapai ratusan," kata Muheeb Qaddour, seorang dokter, melalui telepon dari kota Atmeh, mengacu pada seluruh wilayah yang dikuasai pemberontak. Raed Salah, kepala White Helmets, organisasi darurat di daerah oposisi, mengatakan seluruh lingkungan telah runtuh di beberapa daerah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral