Gedung runtuh akibat gempa bumi yang berpust di Gaziantep, Turki..
Sumber :
  • AP

Meski Sedang Perang, Presiden Ukraina Tawarkan Bantuan Bagi Gempa 7,8 di Turki

Senin, 6 Februari 2023 - 14:32 WIB

Ankara, Turki - Meski sedang dalam kondisi sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, telah mengirim pesan dukungan ke Turki untuk menawarkan bantuan setelah gempa dahsyat yang melanda Turki tenggara dan Suriah utara pada Senin (6/2/2023). 

“Saya terkejut mengetahui kematian dan cedera ratusan orang akibat gempa bumi di Turki,” tulis Zelenskyy dalam tweet. 

“Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga para korban dan berharap yang terluka cepat sembuh. Saat ini, kami mendukung orang-orang Turki yang ramah dan siap memberikan bantuan yang diperlukan.” 

Ukraina memiliki hubungan dekat dengan Turki, yang membantu merundingkan kesepakatan biji-bijian Laut Hitam musim panas lalu untuk melanjutkan ekspor penting saat perang di negara itu berlanjut.

Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda Turki selatan dan Suriah utara Senin (6/2/2023) pagi, merobohkan bangunan dan menewaskan sedikitnya 568 orang, demikian dikutip dari APNews. 

Dengan ratusan orang terluka, jumlah korban diperkirakan akan bertambah karena petugas penyelamat mencari puing-puing di kota-kota besar dan kecil di seluruh area.

Petugas penyelamat dan penduduk di beberapa kota mencari korban selamat, dan bekerja diantara reruntuhan bangunan dan tumpukan beton raksasa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral