Titik pusat terjadinya gempa magnitudo 7,8 di Turki.
Sumber :
  • AP

AS Kontak Turki Siap Beri Bantuan Bagi Penyelamatan Korban Gempa Magnitudo 7,8

Senin, 6 Februari 2023 - 14:36 WIB

Jakarta - Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Amerika Serikat, Jake Sullivan mengatakan dia telah memberi tahu pejabat Turki bahwa Amerika Serikat siap memberikan bantuan untuk membantu upaya penyelamatan gempa

Dalam sebuah tweet, Sullivan mengatakan AS "sangat prihatin dengan gempa bumi yang merusak hari ini" di Turki dan Suriah.

“Saya telah menghubungi pejabat Turki untuk menyampaikan bahwa kami siap memberikan bantuan apa pun dan semua yang dibutuhkan. Kami akan terus memantau situasi dengan berkoordinasi dengan (Turki),” kata Sullivan.

Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda Turki selatan dan Suriah utara Senin (6/2/2023) pagi, merobohkan bangunan dan menewaskan sedikitnya 568 orang, demikian dikutip dari APNews. 

Dengan ratusan orang terluka, jumlah korban diperkirakan akan bertambah karena petugas penyelamat mencari puing-puing di kota-kota besar dan kecil di seluruh area.

Petugas penyelamat dan penduduk di beberapa kota mencari korban selamat, dan bekerja diantara reruntuhan bangunan dan tumpukan beton raksasa.

Setidaknya 20 gempa susulan terjadi beberapa jam kemudian di siang hari, yang terkuat berkekuatan 6,6.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral