Seorang warga Turki menangis di rumah sakit Al Rahma provinsi Idlib setelah gempa 7,8 menghancurkan ribuan bangunan..
Sumber :
  • AP

Gempa Turki, Presiden Erdogan Umumkan Hari Berkabung Nasional Selama 7 Hari

Selasa, 7 Februari 2023 - 13:06 WIB

Turki, tvonenews.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan tujuh hari berkabung nasional menyusul gempa mematikan yang melanda negara itu pada Senin. Bendera Turki akan dikibarkan setengah tiang di seluruh negara dan di misi diplomatiknya di luar negeri.

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan sedikitnya 1.651 tewas dan 11.119 terluka di sepuluh provinsi. Ratusan lainnya dilaporkan tewas di negara tetangga Suriah.

Sementara itu, Presiden Joe Biden menelepon Presiden Erdogan pada hari Senin untuk menyampaikan belasungkawa. Gedung Putih dalam pernyataan mengatakan bahwa Biden menggarisbawahi "kesiapan Amerika Serikat untuk memberikan setiap dan semua bantuan yang dibutuhkan" kepada sekutu NATO-nya, Turki.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pemerintahan Biden mengirim 79 orang dalam tim pencarian dan penyelamatan perkotaan untuk mendukung upaya Turki.

Biden dan Erdogan membahas bantuan lain yang mungkin dibutuhkan oleh orang-orang yang terkena dampak gempa bumi, termasuk layanan kesehatan atau bantuan dasar, menurut Gedung Putih.

Selain itu, Para diplomat dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengheningkan cipta untuk memberikan penghormatan kepada para korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

"simpati kami yang terdalam dan belasungkawa yang tulus" kepada pemerintah dan rakyat kedua negara, kata Presiden Majelis Umum Csaba Kőrösi. (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral