Warga berupaya mengevakuasi korban gempa bumi di Kota Hareem, Turki..
Sumber :
  • AP

WHO Mobilisasi Bantuan Besar-besaran Bagi Penanganan Gempa Turki

Selasa, 7 Februari 2023 - 13:29 WIB

Ankara, Turki, tvonenews.com - Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan membantu upaya internasional besar-besaran untuk mendukung Turki dan Suriah menangani kerusakan akibat gempa yang menghancurkan.

Dilansir dari AP, Selasa (7/2/2023), Hans Kluge, kepala WHO di Eropa, mengatakan bahwa kantor regional badan PBB di Mediterania timur membantu upaya internasional yang berkembang untuk mengangkut obat-obatan dan peralatan bantuan dengan cepat ke daerah-daerah yang dilanda gempa.

Kluge menulis dalam tweet, "Di tengah kehancuran yang ditimbulkan oleh gempa bumi hari ini di Turki - negara anggota WHO Eropa - dan Suriah, belasungkawa yang mendalam kepada semua komunitas yang terkena dampak."

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sekitar 3.000 bangunan runtuh akibat gempa.

“Karena upaya pemindahan puing-puing terus dilakukan di banyak bangunan di zona gempa, kami tidak tahu seberapa tinggi jumlah korban tewas dan cedera akan bertambah,” kata Erdogan.

“Harapan kami adalah agar kami pulih dari bencana ini dengan korban jiwa seminimal mungkin,” tambahnya. “Saya berdoa agar Tuhan melindungi kita dan seluruh umat manusia dari bencana alam semacam itu.”

Hingga selasa pagi, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan jumlah korban tewas akibat gempa bumi yang terjadi pada Senin (7/2/2023) telah meningkat menjadi 2.379 di Turki.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral