Tangkapan layar - Warga Suriah selamatkan bayi yang dilahirkan saat sang ibu tertimbun reruntuhan bangunan akibat gempa..
Sumber :
  • YouTube Aljazeera

Kesaksian Hani Maarouf, Tenaga Medis Perawat Bayi yang Lahir di Bawah Reruntuhan Gempa

Rabu, 8 Februari 2023 - 13:16 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Seorang bayi perempuan dilahirkan saat sang ibu tertimpa reruntuhan akibat gempa magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023). Menurut Dr Hani Maarouf, tenaga medis yang kini merawat bayi, mengatakan bahwa bayi dalam kondisi stabil.

Dikutip dari AP, Rabu (8/2/2023), dikabarkan bahwa warga menggali melalui bangunan yang runtuh di sebuah kota Suriah barat laut dan menemukan bayi menangis. Warga menduga sang ibunya telah melahirkan bayi perempuan itu saat terkubur di bawah puing-puing bangunan.

"Tali pusar bayi perempuan yang baru lahir itu masih terhubung dengan ibunya, Afraa Abu Hadiya, yang sudah meninggal," kata warga yang memberikan pertolongan.

"Bayi itu adalah satu-satunya anggota keluarganya yang selamat," kata kerabat sang bayi Ramadan Sleiman kepada The Associated Press.

Bayi yang baru lahir itu diselamatkan warga setelah lebih dari 10 jam setelah gempa melanda.

"Setelah penyelamat mengeluarkannya, seorang tetangga perempuan memotong tali pusarnya, dan dia serta yang lainnya bergegas membawa bayinya ke rumah sakit anak-anak di kota terdekat Afrin, tempat dia disimpan di inkubator," kata dokter yang merawat bayi itu, Dr Hani Maarouf.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral