Proses Perhitungan Suara Pemilu Irak.
Sumber :
  • Reuters

Ulama Sadr Menangkan Pemilu Irak

Selasa, 12 Oktober 2021 - 03:40 WIB

Bagdad, Irak - Partai ulama Muslim Syiah Moqtada al-Sadr adalah pemenang terbesar dalam pemilihan Irak pada Senin, meningkatkan jumlah kursi yang dia pegang di parlemen, menurut hasil awal, pejabat dan juru bicara untuk Gerakan Sadis, dilansir dari Reuter, Selasa (12/10).

Mantan perdana menteri Nouri al-Maliki tampaknya akan meraih kemenangan terbesar berikutnya di antara partai-partai Syiah, hasil awal menunjukkan.

Kelompok Syiah Irak telah mendominasi pemerintahan dan pembentukan pemerintah sejak invasi pimpinan AS tahun 2003 yang menggulingkan diktator Sunni Saddam Hussein dan melambungkan mayoritas Syiah dan Kurdi ke tampuk kekuasaan.

Pemilihan hari Minggu diadakan beberapa bulan lebih awal, sebagai tanggapan atas protes massal pada tahun 2019 yang menggulingkan pemerintah dan menunjukkan kemarahan yang meluas terhadap para pemimpin politik yang menurut banyak orang Irak telah memperkaya diri mereka sendiri dengan mengorbankan negara.

Tetapi rekor jumlah pemilih yang rendah menunjukkan bahwa pemungutan suara yang disebut sebagai kesempatan untuk merebut kendali dari elit yang berkuasa tidak akan banyak membantu untuk menyingkirkan partai-partai agama sektarian yang berkuasa sejak 2003.

Hitungan berdasarkan hasil awal dari beberapa provinsi ditambah ibukota Baghdad, diverifikasi oleh pejabat pemerintah setempat, menunjukkan Sadr telah memenangkan lebih dari 70 kursi, yang jika dikonfirmasi dapat memberinya pengaruh yang cukup besar dalam membentuk pemerintahan.

Namun, kelompok Sadr hanyalah salah satu dari beberapa yang harus memasuki negosiasi untuk membentuk koalisi yang mampu mendominasi parlemen dan membentuk pemerintahan, periode perebutan posisi yang mungkin memakan waktu berminggu-minggu atau lebih lama.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral