Menparekraf: Danau Toba Jadi Lokasi Event Internasional untuk Tarik Kunjungan Wisatawan.
Sumber :
  • kemenparekraf.go.id

Menparekraf: Danau Toba Jadi Lokasi Event Internasional untuk Tarik Kunjungan Wisatawan

Selasa, 14 Februari 2023 - 11:34 WIB

Sumatera Utara, tvOnenews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno ungkap bakal hadirkan sejumlah event internasional di kawasan Danau Toba. Hal itu sebagai upata dalam menarik kunjungan wisatawan ke salah satu dari lima destinasi super prioritas.

Kabar tersebut disampaikan setelah Sandiaga Uno menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan 5 DPSP Semester II bertemakan "Bangga Berwisata di Indonesia: Penguatan Peran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” di The Kaldera Toba, Sumatra Utara, Rabu (21/12/2022). 

“Target (pergerakan) wisatawan nusantara adalah 1,2-1,4 miliar ini akan kita tingkatkan dengan lebih banyak event di Toba ini di mana pada Februari 2023 akan ada F1H20 yang kita harapkan akan menjadi pemicu dan pemacu (pergerakan) wisatawan nusantara (ke Danau Toba)," ujar Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, menurutnya masih banyak event laun yang akan dilaksanakan di kawasan Danau Toba. Untuk mendukung pelaksanaan event tersebut, Sandiaga mengatakan bahwa Kemenparekrat telah menyusun beberapa program pengembangan destinasi dan infrastruktur yang meliputi 3A (Atraksi, Akses, dan Amenitas), desa wisata, infrastruktur ekonomi kreatif, pengelolaan sampah, fasilitas BOP, bimtek destinasi, dan pendampingan assesment DAK (dana alokasi khusus) bidang pariwisata.

“Tiga capaian utama pengembangan lima DPSP tahun 2022 meliputi penguatan aksesibilitas dan amenitas berupa pembangunan infrastruktur fisik berupa jalan, bandara, pelabuhan, sanitasi, air bersih, dan penataan kawasan oleh Kementerian PUPR. Kemudian, pengembangan ancillary yang meliputi tersusunnya pengelolaan dan pemanfaatan aset," jelasnya.

Dalam acara tersebut juga turut hadir Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Ia mengatakan tentang perbaikan kinerja pariwisata 2023 ditopang aktivitas wisata nusantara dengan pertumbuhan akomodasi dan makan minum yang meningkat, serta mobilitas di atas baseline Januari 2022. 

Adapun ekonomi Indonesia diperkirakan mampu tumbuh di atas 5 persen pada 2023. Sehingga hal tersebut dapat mendorong dalam peningkatan kunjungan wisatawan nasional ke luar negeri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral