Arsul Sani.
Sumber :
  • DPR

Demi Selamatkan Pilot Susi Air, DPR Usul Jokowi Bentuk Komando Atasi KKB Papua

Rabu, 15 Februari 2023 - 11:32 WIB

Jakarta - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengusulkan agar Presiden Jokowi turun tangan membentuk satu komando khusus untuk menanggulangi KST atau KKB Papua.

Hal ini sekaligus untuk menyelamatkan pilot Susi Air asal warga Selandia Baru yang masih disandera oleh KKB Papua.

“Tindakan-tindakan mereka bukan saja sekedar gerakan separatisme, tapi sudah melakukan berkali-kali tindakan-tindakan teror yang merenggut nyawa para anggota TNI, Polri, ASN, dan warga sipil,” kata Arsul saat dihubungi tvOnenews, Rabu (15/2/2023).

Dia menjelaskan pembentukan satu komando itu bertujuan agar koordinasi gerakan penanggulangan itu menjadi terarah dan berasal dari satu pihak.

“Sekarang ini meski ada operasi Nemangkawi yang merupakan gabungan TNI-Polri. Namun ada juga operasi-operasi tersendiri yang dilakukan oleh institusi lainnya. Nah ini yang kami mintakan agar dilebur,” ujar Politikus PPP.

Lebih lanjut, Arsul mengusulkan hal itu karena berkaca pada peristiwa Timor Timur alias Timor Leste yang masih menjadi bagian dari RI.

“Maka Pemerintah membentuk dan menunjuk Pangkolakops meski ada Kodam yg membawahi. Nah Pangkolakops kemudian mengoodinasikan seluruh operasi termasuk yang dilakukan oleh Brimob Polri,” pungkas dia. (saa/ree)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral