Petugas gabungan mengikuti apel siaga kebakaran hutan dan lahan, di Ogan Komering Ilir, Sumsel, Kamis (10/9/2021).
Sumber :
  • tim tvOne

Polda Sumsel siagakan petugas antisipasi Karhutla

Kamis, 10 Juni 2021 - 10:18 WIB

Ogan Komering Ilir, 10/6 - Pekan pertama juni 2020, sedikitnya terpantau 150 titik api bari yang tersebar di Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Petugas gabungan disiapkan untuk diterjunkan di lokasi potensi titik api guna mencegah terjadinya kebakaran hutan, serta pelaksanaan patroli intensif di sejumlah wilayah yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan.

"Cukup tinggi (jumlah) hotspotnya, kita kirim pasukan dari satuan Brimob beserta dari temen temen TNI AD," kata kapolda Sumatera Selatan, Irjen pol Eko Indra Heri, usai mengikuti apel kesiagaan di halaman PT Sampoerna Agro, Kamis.

Dalam apel kesiagaan penanganan kebakaran hutan itu diikuti oleh petugas dari 15 perusahaan perkebunan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jajaran TNI serta Polri.

Pada apel itu, Kapolda juga melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan peralatan pemadaman yang dimiliki untuk penanganan kebakaran hutan. jajaran kepolisian juga menyiapkan sejumlah pesawat nirawak atau drone untuk berpatroli di udara.

"Menurut data BMKG, sudah masuk musim kemarau, jadi kita harus siap dari sekarang, jangan menunggu sudah terjadi kebakaran," kata dia tanpa merinci total jumlah personil yang disiagakan.

Selain kesiapan petugas, pada kesempatan ini Kapolda juga meminta kepada warga agar tidak melakukan perambahan hutan, terutama saat musim kemarau.

"Kita minta warga agar jangan membakar hutan, karena kita sadar minggu minggu ini cuaca sudah mulai panas," tegasnya. (ito) 
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral