Menaker Ida Fauziah saat di UGM (Dok UGM)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Tak Ada Link and Match antara Kampus dan Pasar Kerja, 12 Persen Sarjana di Indonesia Menganggur

Kamis, 23 Februari 2023 - 12:02 WIB

Sleman, DIY - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah menyebut sekitar 12 persen jumlah pengangguran di Indonesia didominasi oleh lulusan sarjana dan diploma. Tingginya jumlah pengangguran dari lulusan perguruan tinggi tersebut disebabkan tidak adanya link and match antara kampus dengan pasar kerja.

"Kita masih punya PR (pekerjaan rumah) bahwa jumlah pengangguran lulusan sarjana dan diploma masih di angka 12 persen karena tidak adanya link and match," kata Ida usai menghadiri wisuda anaknya, Syibly Adam Firmanda, yang lulus sarjana psikologi, Universitas Gadjah Mada, Rabu (22/2/2023).

Dijelaskan Ida, kondisi berbeda justru dialami oleh para lulusan SMP ke bawah. Mereka justru mendominasi jumlah kelompok pekerja di Indonesia.

"Kelompok yang bekerja sebagian berpendidikan SMP ke bawah, justru yang menganggur lulusan SMK, diploma, dan sarjana," ungkapnya.

Oleh karena itu, Ida menaruh harapan besar pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemendikbud ristek. Program tersebut diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dari lulusan perguruan tinggi.

"Saya kira dengan program pemagangan dilakukan anak-anak sudah dipersiapkan siap kerja sebelum lulus. Dengan MBKM mengurangi miss link and match, yang lulus hari ini tidak menambah pengangguran," ujarnya.

Meski demikian Ida tidak mematok target berapa jumlah pengangguran yang bisa diturunkan dari program MBKM. Yang terpenting menurutnya, program magang kerja bagi para mahasiswa dapat mengurangi kesenjangan antara lulusan perguruan tinggi dengan pasar kerja.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral