FKKBA Jateng dan DIY buka donasi untuk keselamatan satwa, Senin (18/10/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Aid For Animals, Galang Donasi Selamatkan Satwa Kebun Binatang Terdampak Pandemi

Senin, 18 Oktober 2021 - 10:08 WIB

Banjarnegara, Jawa Tengah-Dalam rangka membantu melestarikan satwa, Forum Kerjasama Kebun Binatang dan Aquaria (FKKBA) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggalang donasi yang bertemakan Aid For Animals.

Ketua FKKBA, Junjung menyatakan, seluruh donasi yang terkumpul nantinya  akan diberikan kepada pengelola kebun binatang, lembaga konservasi, maupun penangkaran yang terdampak penutupan  akibat pandemi Covid 19.

“Mudah-mudahan dengan adanya donasi, bantuan serta kepedulian bahwa kita memang berjuang untuk pelestarian. Siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan. Diharapkan satwa itu tetap langgeng, lestari, sehingga anak cucu kita bisa tetap melihatnya,” ujar Junjung. (18/10)

Menurut Direktur Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas, Banjarnegara, Lulut Yektiadi, selama ini pihak pengelola bekerjasama dengan pihak ketiga untuk suplai pakan satwa.  Dampak dari penutupan objek wisata TRMS Serulingmas sempat membuat pembayaran pakan kepada pihak ketiga pun ikut terganggu.

“Kami menunda pembayaran, karena memang uangnya belum komplit. Kalau pengunjung tidak ada yang masuk, berarti tidak ada pemasukan sama sekali,” katanya.

Lulut juga menambahkan, biaya operasional TRMS Serulingmas  sekitar RP 250 juta hingga RP 300 juta perbulan. Hampir separuhnya digunakan untuk pembelian pakan bagi 200 ekor satwa dari berbagai jenis. Sedangkan stok pakan satwa yang tersedia saat ini di Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas pun mulai menipis.

“Kalau terpaksa harus tutup lagi, stok pakan sampai bulan November pun sudah tidak ada. Namun kalau boleh untuk tetap buka dan menerima pengunjung, kita bisa bertahan sampai bulan Desember,” tambah Lulut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
08:03
01:19
03:36
08:48
03:56
Viral