Gubernur Bank Indonesia, Perry Warrjiyo, saat memimpin jalannya Konferensi Pers "Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan Maret 2023, di Gedung Bank Indonesia.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Tak Perlu Khawatir, Bank Indonesia Pastikan Tiga Bank Amerika Serikat yang Bangkrut Bukan Ancaman

Kamis, 16 Maret 2023 - 17:48 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menegaskan bahwa Indonesia tetap harus waspada usai tiga bank yang beroperasi di Amerika Serikat mengalami bangkrut.

"Tapi apakah kita nggak waspada? Ya waspada. Hidup tuh harus waspada, dampak dari ekspektasi. Persepsi itu menjadi penting," kata Perry, saat konferensi pers, di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023).

Perry menjelaskan bahwa persepsi global dan juga dampak persepsi dapat memicu investor global mengalami risiko negatif, ada out flow yang menyebabkan tekanan nilai tukar rupiah.

"Persepsi ini yang harus dikelola, ya Bank Indonesia harus stabilkan nilai tukar rupiah. Kita intervensi kita stabilkan untuk memastikan bahwa ini persepsinya baik," jelasnya.

Kembali ditegaskan bahwa secara fundamental ketahanan stabilitas keuangan Indonesia kuat, tidak mengalami dampak apa pun dari runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB), Silvergate Capital, dan Signature Bank.

Bank Indonesia juga terus berupaya menstabilkan kurs, dengan memastikan nilai tukar rupiah stabil. Bersama dengan Kementerian Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan memastikan itu semua dalam kondisi terkendali. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suhasil Nazara memastikan perekonomian Indonesia tidak terdampak atas kebangkrutan yang dialami oleh Silicon Valley Bank (SVB), Silvergate Capital, dan Signature Bank yang berpusat di Amerika Serikat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral