harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau naik dan menyentuh angka Rp 3.000 per kilogram..
Sumber :
  • tim tvOne - arifin

Tolong Pak Jokowi, Harga Pupuk Tanaman Sawit Meroket di Riau

Rabu, 20 Oktober 2021 - 15:02 WIB

Pekanbaru, Riau - Dinas Perkebunan Riau mengumumkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau naik dan menyentuh angka Rp 3.000 per kilogram. Kenaikan harga ini memecahkan rekor sepanjang sejarah dunia persawitan di Indonesia.

Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Gulat ME Manurung menilai, kenaikan harga sawit justru memperkaya produsen pupuk.

"Kita sangat bersyukur harga buah sawit naik drastis menjadi Rp3.000. Namun, produsen pupuk justru ikut menaikkan harga pupuk. Jadi yang bukan petani yang beruntung, tapi produsen pupuk yang kaya mendadak," kata Gulat kepada tvonenews.com, Rabu (20/10).

Gulat mengaku sudah memprediksi kenaikan harga buah sawit itu akan terjadi. Sebab terdapat beberapa faktor yang muncul dan mendongkrak harga TBS tadi.

"Asumsinya jelas, Pertama Dunia semakin sadar sawit dengan menanam dan panen. Kedua pandemi negara lain tidak bisa produksi tanaman kandungan minyak nabati, selain sawit tak produktif. Sehingga sawit menjadi sasaran," kata Gulat.

Pria plontos bergelar dokter lingkungan itu juga mengatakan, sebelumnya banyak negara di Eropa hanya sebagai pengguna. Sementara belakangan ini mereka justru menjadi reseller minyak sawit. "Jadi, bahan baku minyak sawit dibeli dan distok guna memenuhi kebutuhan mereka. Selanjutnya juga diolah dan dijual kembali," ucap Gulat.

Meski demikian, Gulat mengingatkan harga buah sawit tinggi ini juga tak lepas dari peran program B30 atau biodiesel yang dihadirkan Presiden Joko Widodo di konsesi domestik. "Keberhasilan B30 mendongkrak harga sawit menjadi naik," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
01:56
Viral