Reza Indragiri Amriel.
Sumber :
  • IST

Ahli Psikologi Forensik Ungkap Indikasi Teddy Minahasa Dikriminalisasi

Rabu, 29 Maret 2023 - 18:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Terungkap 3 hal serius dari sidang-sidang kasus Teddy Minahasa yang mengindikasikan dirinya memang dikriminalisasi. Hal ini penting menjadi pertimbangan sebelum vonis hakim pada Teddy Minahasa. Demikian diungkap oleh ahli Psiko Forensik, Reza Indragiri Amriel, S.Psi., M.Crim kepada pers di Jakarta  Selasa (28/3/2023).

"Pertama, ada forensic fraud, dimana barang bukti itu di utak-atik, dimanipulasi, direkayasa sedemikian rupa sehingga menjadi berantakan tidak karuan. Itu forensic fraud," ujarnya.

Yang kedua adanya fabricated confession yaitu keterangan yang sepertinya diada-adakan. 

"Ujungnya saya kuatir akan berujung terjadi fake crime untuk mengkriminalisasi orang," tegasnya.

Ia menjelaskan, forensic fraud terlihat pertama sekali pada keterangan ahli digital forensic. Bukan hanya oleh para ahli digital forensic dari Teddy Minahasa, tapi juga pada penjelasan dari ahli digital forensic yang didatangkan oleh jaksa penuntut umum.

"Mereka mengakui bahwa ada sekian ratus chat, tapi yang dibawa ke persidangan hanya kurang dari 10 persen. Hanya 88 chat yang dibawa ke sidang. Itu indikasi forensic fraud," ujarnya.

Reza Indragiri menjelaskan, tidak pernah dilakukan pengujian terhadap narkoba yang disita dalam penangkapan dengan narkoba yang dimusnahkan. Ini barang yang sama atau tidak. Kedua barang itu harusnya diuji secara scientific bahwa narkoba 5 kilogram itu benar-benar merupakan bagian yang sudah dimusnahkan. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral