PMI asal Karawang yang diduga dijual di Suriah.
Sumber :
  • Tim tvOne/Agung

Pilu Nasib Dede Asiah, TKW Asal Karawang yang Diduga Dijual ke Suriah, Niat Perbaiki Ekonomi Justru Berakhir Jadi Budak

Minggu, 2 April 2023 - 05:30 WIB

Karawang, tvOnenews.com – Belakangan viral sebuah video mengenai tenaga kerja wanita (TKW) asal Karawang, Jawa Barat yang diduga merupakan korban perbudakan oleh agen penyalur tenaga kerja ke Suriah.

Video tersebut viral di media sosial dan menuai beragam komentar iba dari publik. Pekerja Imigran Indonesia (PMI) yang ada dalam rekaman video tersebut diketahui memiliki nama Dede Asiah.

Dalam video yang beredar tersebut, diketahui bahwa Dede dijanjikan untuk bekerja di Turki. Namun bukannya ke Turki ia justru dibuang ke Suriah dan ternyata telah djual oleh sang penyalur.

"Nama saya Dede Asiah dari Karawang, tolong saya, saya ingin pulang. Perut saya sakit. Awalnya saya diiming-imingin kerja di Turki gaji $600, tapi setelah mendarat di Istanbul saya dibuang ke Suriah," tutur DA dalam video yang kabarnya viral.

Kronologi Dede Asiah Sampai Suriah

Menurut video yang beredar, kasus ini bermula ketika Dede menerima tawaran kerja untuk jadi PMI di Turki dengan iming-iming gaji 600 US Dollar.

Tak disangka, di Suriah dirinya justru dijual oleh agen penyalur jasa tenaga kerja Indonesia. Hal ini diketahui Dede Asiah dari sang majikannya di Suriah. Dalam pengakuannya, Dede Asiah dijual dengan harga 12 ribu US dolar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:25
01:03
09:21
10:37
01:40
08:51
Viral