Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Muhammad Pebrian

Sandiaga Uno Ingin Pelaku Ekonomi Kreatif Proaktif Buka Peluang Usaha

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 00:59 WIB

Palembang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, hadir dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang berlangsung di Kota Palembang. 

Melalui kegiatan ini para pelaku ekonomi kreatif diharapkan semakin termotivasi dan proaktif untuk meningkatkan daya saing produk dan membuka peluang usaha sehingga dapat menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja melalui pendekatan inovasi, kolaborasi, dan adaptasi. 

"Ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian Kemenparekraf terhadap pelaku ekonomi kreatif. Dari 16 kota penyelenggaraan AKI 2021, ini (Kota Palembang) adalah kota ke-11 dan finalnya akan berlangsung pada 9 sampai 11 Desember 2021 di Jakarta. Semoga dapat membangkitkan optimisme, kita melihat produk-produk luar biasa dari berbagai subsektor seperti kuliner, fesyen, kita harapkan akan membuka peluang usaha dan  pemasaran serta menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri penyelenggaraan AKI 2021 di Palembang Sport and Convention Centre, Jumat (22/10).  

AKI 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan, yang akan diselenggarakan di 16 daerah di Indonesia. 

Sebanyak 20 finalis pelaku ekonomi kreatif di Kota Palembang mendapatkan kesempatan mengikuti _booth camp_ yang menghadirkan berbagai mentor terbaik yang memberikan berbagai pelatihan untuk peningkatan kapasitas dan pengembangan usaha serta eksibisi produk. 

Menparekraf sendiri menilai produk ekonomi kreatif yang dihadirkan para finalis di Kota Palembang sudah memiliki kualitas yang baik. Namun ia mendorong agar para pelaku ekraf dapat lebih proaktif mengambil peluang usaha agar usaha yang dijalankan bisa naik kelas. 

"Produk yang dihadirkan di sini harus bisa mendunia, dari 20 peserta yang ada mereka bisa menjadi lokomotif dari ekonomi kreatif khususnya di Palembang, Sumatera Selatan, untuk lebih berkembang ke depan," kata Sandiaga. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral