Penyelamatan Penyu Belimbing di Minahasa.
Sumber :
  • Antara

Viral Warga Minahasa Selamatkan Penyu Raksasa

Sabtu, 12 Juni 2021 - 16:45 WIB

Minahasa, 12/6 - Seekor Penyu Belimbing berukuran raksasa, berhasil diselamatkan pencinta lingkungan hidup di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, setelah diketahui sempat terperangkap di rawa air tawar di pantai Oping, Kecamatan Kakas, Sabtu. Video upaya penyelamatan ini juga vira di media sosial.

"Kami menemukan penyu yang terperangkap di daerah rawa air tawar yang ada di sekitar pantai. Sehingga dengan cepat kami keluarkan," kata Ronald Kumendong salah satu pencinta lingkungan hidup di Minahasa.

Ia mengungkapkan, penyelamat penyu yang masuk dalam daftar hewan laut dilindungi ini, dilakukan pemuda Desa Paslaten, Kecamatan Kakas yang pada saat bersamaan sedang berada di Pantai Oping.

"Memang baru sekarang di kawasan pantai ini ditemukan ada penyu yang kemungkinan bertelur. Karena sebelumnya tidak pernah ditemui penyu di kawasan ini," jelasnya.

Lebih lanjut kata Ronald, perlu belasan orang untuk melepaskan Penyu Belimbing tersebut kembali ke laut, karena ukurannya yang besar.

"Kami bersama-sama dengan pemuda yang peduli dengan pelestarian lingkungan langsung melepaskan penyu ke laut," katanya.

Dia pun berharap semua pihak memberikan perhatian terhadap pelestarian lingkungan, khususnya perlindungan terhadap hewan biota laut seperti Penyu Belimbing.

"Ini juga menjadi momentum memperingati hari lingkungan hidup dan hari laut sedunia. Selain itu menjadi kesadaran bersama juga bagi kita untuk tidak lagi memburu penyu atau mengambil cangkangnya," ujarnya.

Video upaya penyelamatan penyu belimbing raksasa ini juga viral di media sosial. Salah satu akun yang mengunggahnya adalah @manaberita di Instagram.

Dalam unggahan itu tertera video merupakan kiriman dari Jendry Rendy Tentero. Jendry dan teman-temannya saat itu sedang berkemah di tepi Pantai Oping/Wuriran Tumpaan, Kec. Kakas, karena ada temannya ulang tahun.

Kemudian ada warga yang memberitahu ada seekor Penyu Belimbing sudah dua malam terjebak di rawa. Mereka menduga penyu langka ini habis bertelur dan terjebak masuk rawa saat menuju arah laut.

Jendry dan teman-temannya pun berupaya mengeluarkan penyu dari rawa secepatnya. Karena cukup berbahaya bagi nyawa si Penyu yang hidup di air asin (laut), bila terlalu lama di air tawar. Mereka beramai-ramai menggiring penyu ke laut sambil terus menyiramkan air. Sang penyu pun berhasil diselamatkan dan langsung dilepas ke laut. 

Penyu belimbing merupakan jenis biota yang dilindungi. Bahkan badan konservasi dunia mengkategorikan penyu belimbingdalam golongan Critically Endangered (CR) atau sangat terancam punah. Perlindungan penyu belimbing di Indonesia telah dilakukan dari tahun 1978 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 327/Kpts/Um/5/1978 tentang Status Proteksi untuk Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea). (act/ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral