Konferensi pers kasus penukaran barcode kotak amal di wilayah hukum Polda Metro Jaya.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Rizki Amana

Imam Mahlil, Pelaku Penukar Barcode Kotak Amal Lakukan Aksinya di 38 Titik Masjid

Selasa, 11 April 2023 - 23:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Polda Metro Jaya meringkus seorang pria bernama Imam Mahlil pelaku penukaran barcode QRIS kotak amal sejumlah masjid di wilayah hukumnya. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis mengatakan pihaknya mendapati sang pelaku Imam Mahlil, telah melakukan aksinya tersebut ke puluhan masjid di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Menurutnya aksi tersebut telah dilakukan tersangka secara seorang diri sejak awal April 2023 ini. 

 
"Dari beberapa tempat yang sudah ditempel oleh yang bersangkutan itu ada 38 titik," kata Auliansyah di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 11 April 2023.
 
Auliansyah menuturkan aksi tersebut dimulai pelaku secara seorang diri pada 1 April 2023 dengan menempel QRIS ke rekening pribadinya pada kotak amal di Masjid Attaqwa Sriwijaya, BSI Pondok Indah, BCA Mayestik, BS Mayestik, BSI Radio Dalam, BSI Panglima Polim, ATM galeri ayam Bulungan dan UNP, BCA Grand Wijaya, BSI Fatmawati, masjid An nu gor Bulungan, SPBU penjompongan.
 
Kemudian pada tanggal 2 April 2023 pelaku kembali melangsungkan aksinya di Pasar Mayestik Masjid Nurul Hidayah Brawijaya, Masjid Daruk Janah Walikota, Masjid Syarif Hidayatullah, Masjid Simprug, Masjid Jami Kebayoran Lama ITC Permata Hijau.
 
"Pada Tanggal 4 April 2023, pelaku menempel di Masjid raya Bintaro Nurul Hidayah, Masjid Al Ikhsan Kerinci, masjid Cut Nyak Dien Johar, Masjid Agung Sunda Kelapa, masjid Al Ikhsan, masjid Cut Meutia Menteng, masjid Al Bakri taman Rasuna, masjid Jami Arrahman Kuningan," ujar Auliansyah.
 
"Pada tanggal 6 April 2023, pelaku menempel di Masjid Nurulah Kalibata. Sebelumnya pada tanggal 5 April itu, pelaku menempel di Masjid Assakinah Tanah Kusir, Masjid raya Bintaro sektor 9, Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Masjid Raya Al Insan Patal Senayan," sambungnya. 
 
Belum puas akan aksinya, pelaku kemudian melakukan kejahatan serupa pada tanggal 7 April dengan menempel di Masjid Istiqlal dan Mashmjid Al Azhar.
 
Tak hanya samapi di situ pada tanggal 09 April 2023 ia menempel di Masjid Thamrin Residence, Masjid terminal 2 Bandara Soetta, Masjid Terminal 3 Bandara Soetta, Masjid Nurul Iman Blok M. 
 
Selain itu dikatakan Auliansyah mengatakan ada di beberapa tempat lainnya di masjid atau mushalla antara lain yaitu, Pondok Indah Mall, kemudian di Grand Indonesia.
 
"Yang bersangkutan menempel QRIS miliknya seolah olah QRIS tersebut milik masjid itu sendiri dengan cara ditiban atau ditempel diatasnya," pungkasnya. (raa) 
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral