Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) di Desa Leppangan, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan Minggu (16/4/2023)..
Sumber :
  • Kemenag RI

Jelang Deklarasi ASEAN, Mentan SYL Dorong Semua Negara Buka Akses Pangan

Minggu, 16 April 2023 - 20:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendorong negara-negara di Asia untuk membuka akses pangan bagi semua negara.

Hal ini disampaikan SYL dalam keterangan pers jelang ASEAN Conference on Strengthening Food Security Integration yang akan dilaksanakan di Kantor Sekretariat ASEAN Jakarta pada 17 April besok.

"Yang pasti ketahanan pangan itu selalu saya sampaikan dalam forum-forum internasional. Termasuk pada G20 di Bali beberapa bulan lalu. Kita mendorong semua negara untuk membuka akses pangannya dan tidak terpengaruh oleh situasi apapun. Kenapa? Karena pangan bicara kemanusiaan," ujar SYL, Minggu (16/4/2023). 

Secara umum, kata SYL, deklarasi tersebut juga harus menjadi ajang bersama dalam membangun pemulihan ekonomi serta memperkuat rantai pasok bagi regional dan pertanian yang berkelanjutan.

"Deklarasi ini harus mengambil langkah konkret dalam menyatukan peran semua sektor untuk memperkuat dan memastikan ketahanan pangan menghadapi krisis pangan regional," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pertanian (Biro KLN Kementan), Ade Candradijaya mengatakan bahwa konferensi ini nantinya akan menghimpun kontribusi dan komitmen berbagai pihak dalam mendukung penguatan ketahanan pangan ASEAN dimasa krisis maupun ancaman lainnya dimasa mendatang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral