Survei LSI Denny JA.
Sumber :
  • Antara

Survei LSI Denny JA: Airlangga Diuntungkan Isu Ekonomi di Bursa Cawapres

Selasa, 30 Mei 2023 - 00:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diuntungkan oleh isu ekonomi dalam bursa calon wakil presiden (cawapres).

“Di antara tiga nama cawapres yang punya pengalaman ekonomi, Airlangga Hartarto lebih unggul dibanding Erick Thohir dan Sandiaga Uno,” ujar peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Selain karena pengalaman pemerintahan dan pengusaha, tutur Ardian, Airlangga Hartarto juga merupakan ketua umum salah satu partai terbesar, yakni partai Golkar.

Menurut LSI Denny JA, ketika pertarungan isu ekonomi yang paling ditunggu oleh pemilih, cawapres yang memiliki pengalaman dengan isu ekonomi lebih diuntungkan.

"Dengan catatan tersebut, Airlangga Hartarto memiliki daya tawar yang lebih tinggi bagi para calon presiden yang nantinya akan bertarung, baik Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, atau Anies Baswedan," ucapnya.

Menurut survei LSI Denny JA, sebelum pandemi COVID-19 (September 2019), pemilih yang menyatakan isu ekonomi sebagai hal yang paling penting sebesar 42,3 persen. Setelah itu, diikuti isu hukum 14,5 persen, politik 11,7 persen, budaya 8,6 persen, dan hubungan internasional 5,7 persen.

Namun, berdasarkan survei LSI Denny JA Mei 2023, pemilih yang menyatakan isu ekonomi sebagai hal yang paling penting meningkat sebesar 64,7 persen. Setelah itu diikuti isu hukum 10,7 persen, politik 8,2 persen, budaya 5,3 persen, dan hubungan internasional 3,1 persen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral