Pasir Laut.
Sumber :
  • Antara

Gempar Pro Kontra Ekspor Pasir Laut, PDIP Dukung Keputusan Jokowi

Sabtu, 3 Juni 2023 - 03:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya setuju dengan keputusan Presiden Jokowi mengizinkan negara ekspor pasir laut.

Dia berujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono juga sudah menyampaikan bahwa ekspor pasir laut itu sebagai komitmen untuk menjaga ekosistem laut. Kebijakan ini juga disebut akan memperhatikan aspek ekologi.

“Dan itu masih menunggu nantinya ada suatu tim yang melakukan suatu verifikasi, tim ahli NGO yang akan dilibatkan di dalam sedimentasi laut,” tutur Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).

Dia mengatakan Wahyu Trenggono juga sudah berkonsultasi dengan Jokowi ihwal ekspor pasir laut itu, dan Jokowi sudah mengeluarkan izin ekspor.

Oleh karena itu, PDIP mendukung kebijakan Jokowi itu dan berkomitmen untuk terus mengawal kebijakan tersebut agar tidak merusak lingkungan.

“Sehingga persoalan terkait dengan sedimentasi laut nanti dapat dicari penyelesaiannya dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan,” tandas Hasto. 

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menuturkan, penerbitan Peraturan Pemerintah nomor 26 tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut menekankan tentang dasar hukum pemanfaatan hasil sedimentasi khususnya pasir laut dengan mengedepankan keberlanjutan ekologi dan kepentingan negara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
03:03
02:36
08:00
Viral