Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) memberi keterangan kepada wartawan di sela-sela Rakernas III PDI Perjuangan, Rabu (7/6/2023)..
Sumber :
  • tim tvonenews/Julio

Denny Indrayana Minta Jokowi Dimakzulkan, PDIP: Jangan Bicara Berdasarkan Perasaan!

Rabu, 7 Juni 2023 - 13:16 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - PDI Perjuangan menanggapi surat terbuka Denny Indrayana untuk DPR yang meminta Presiden Joko Widodo dimakzulkan. Menyikapi hal itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto meminta agar Denny Indrayana tidak asal bicara sebagai  akademisi.

“Ketika dulu ada yang mengatakan akan terjadi chaos, kemudian akan mengatakan sebelum pemilu curang. Ini kan menggunakan cara pandang sendiri, termasuk Bung Denny Indrayana,” ujarnya di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Diketahui, Denny Indrayana adalah dosen sekaligus mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Beliau ini kan sosok akademis yang seharusnya berbicara dengan kerangka berpikir intelektual. Jangan berbicara berdasarkan perasaan apalagi berbicara mengenai pemakzulan,” lanjut Hasto.

Dia menjelaskan seorang presiden tidak bisa diberhentikan di tengah jalan. Dia pun meminta Denny untuk memahami sistem politik di Indonesia sebelum bicara soal pemakzulan. 

“Di dalam sistem politik ketika presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung oleh rakyat. Maka legitimasi dan legalitas pemimpin nasional itu sangat luas, tidak bisa diberhentikan di tengah jalan. Itu tidak mudah sehingga harus paham Bung Denny terhadap sistem politik kita,” ujar Hasto.

Hasto kemudian meminta Denny untuk tidak menakut-nakuti rakyat. Oleh karenanya, kata Hasto, Denny tidak perlu menaruh persepsi bahwa akan terjadi kecurangan pemilu di pemerintahan Jokowi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral