Abdullah Azwar Anas (kiri) dalam konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2024).
Sumber :
  • PDIP

Rakernas III PDIP: Megawati Minta Kader Turun Langsung Atasi Kemiskinan

Kamis, 8 Juni 2023 - 09:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri meminta seluruh kader partainya untuk turun langsung mengatasi kemiskinan.

Hal itu diungkapkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III hari kedua. Terkait hal ini, politisi PDIP Anas menyebut partainya langsung membentuk sejumlah komisi untuk merumuskan rekomendasi dalam mengentaskan kemiskinan.

"Ibu Ketum menginstruksikan agar kita tak terjebak pada jargon-jargon, maka temanya langsung fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara," kata Anas dalam konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2024).

Pria yang menjabat sebagai MenPAN-RB itu mengungkapkan masalah kemiskinan perlu diatasi secara bersama gabungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan PDIP.

Lebih lanjut, mantan Bupati Banyuwangi itu juga menyampaikan ada lima kepala daerah yang diundang menjadi pemateri soal kemiskinan di rakernas hari kedua. Anas menyebut kelima kepala daerah itu dipilih karena dianggap berhasil memecahkan masalah kemiskinan.

"Kami lihat bukan soal bantuannya, tetapi bagaimana pemberdayaan masyarakat miskin sampai kemudian ada masyarakat miskin yang naik kelas dengan graduasi yang dilakukan oleh kader-kader PDI Perjuangan. Maka dari itu instruksi Ibu Ketum agar seluruh kader PDI Perjuangan melakukan jemput bola," jelas Anas.

Anas menjelaskan berdasarkan riset Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2022 angka kemiskinan ekstrem mencapai 1,74 persen. Sedangkan sekarang, angka tersebut naik menjadi 9,57 persen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral