Hasil Rakernas III PDIP dukung masa jabatan kepala desa diperpanjang jadi 9 tahun.
Sumber :
  • Julio Trisaputra-tvOne

Hasil Rakernas III: PDIP Dukung Masa Jabatan Kepala Desa Diperpanjang Jadi 9 Tahun

Kamis, 8 Juni 2023 - 18:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP yang berlangsung selama tiga hari telah selesai.

Ada 17 rekomendasi yang dibacakan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai hasil Rakernas kali ini.

Salah satunya, yaitu revisi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang masa jabatan kepala desa (kades) menjadi 9 tahun untuk dua periode. Sebelumnya, masa jabatan kades hanya 6 tahun untuk tiga periode.

"PDI Perjuangan mendorong stabilitas dan kesinambungan pemerintahan desa dengan mengupayakan perubahan masa jabatan kepala desa dari 6 tahun untuk tiga periode menjadi 9 tahun untuk dua periode dengan melakukan perubahan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis, (8/6/2023).

Menurut dia, perubahan masa jabatan kades itu bertujuan agar stabilitas pemerintahan desa tetap terjaga. Selain itu, kades bisa mewujudkan desa yang kuat dan bermartabat.

"Rakernas III Partai mendorong desa sebagai pusat kemajuan untuk mewujudkan desa kuat Indonesia bermartabat. Berkaitan dengan hal tersebut, PDI Perjuangan mendorong stabilitas dan kesinambungan pemerintahan desa," jelas Ketua DPR RI ini.

Tak hanya mendukung perubahan masa jabatan kades, hasil rekomendasi Rakernas ini juga memerintahkan seluruh kader untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral