Kabaharkam bersama Kompolnas (29/5/2023)..
Sumber :
  • Instagram @kabaharkam

Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Fadil Imran Paparkan Konsep Polisi RW ke Kompolnas, Apa Itu Polisi RW?

Minggu, 11 Juni 2023 - 21:12 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Polisi Fadil Imran memaparkan konsep Polisi RW kepada Kompolnas (29/5/2023). Dalam pemaparan tersebut, Komjen Pol Fadil Imran menjelaskan siapa saja yang dimaksud Polisi RW dan apa tujuannya.

Polisi RW adalah sebuah program dari pemerintah yang memiliki tujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil. Dalam prakteknya nanti, Polisi RW akan bekerjasama dan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa utamanya terkait informasi.

"Karakteristik masyarakat Indonesia membutuhkan kepekaan sosial tinggi untuk dapat menyatukan rasa dan memperoleh pemahaman satu sama lain," ungkap Komjen Pol Fadil Imran.

Fadil Imran menambahkan bahwa komunikasi face to face masih sangat relevan dan dibutuhkan di era digital sekalipun. Komunikasi face to face masih memiliki tempat di masyarakat.

Fadil menegaskan bahwa kedekatan adalah kekuatan yang sejati.

Menurut Fadil, dengan dibentuknya jajaran Polisi RW ini diharapkan bisa melakukan penyelesaian terhadap segala permasalahan yang ada dengan cepat dan bisa mencegah terbentuknya potensi kejahatan di lingkungan masyarakat.  

Polisi RW adalah bagian dari Crime Prvention System yang memberikan kebermanfaatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Inovasi program pelayanan berbasis komunikasi, problem oriented policing dan collaborative policing di tingkat mikro lintas satuan kerja (satker) dan non struktural.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral