Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Sumber :
  • Istimewa

SBY Terbitkan Buku Tentang ‘Cawe-cawe’ Versi Jokowi, Begini Pendapatnya

Senin, 26 Juni 2023 - 18:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara soal ‘cawe-cawe’ Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) lewat buku yang ditulisnya.

“Nampaknya masyarakat kita terbelah memaknai istilah cawe-cawe. Seperti biasanya, meskipun besaran belahannya belum tentu saja,” kata dia, melansir dari buku ‘The President Can Do No Wrong’, Senin (26/6/2023).

Presiden Indonesia ke-6 ini pun menjelaskan bahwa yang dimaksudkan dengan cawe-cawe memiliki arti yang beragam. Terutama bagi masyarakat yang bukan bersuku Jawa maka akan kesulitan memahaminya.

“Bagi banyak orang, cawe-cawe dimaknai sebagai tindakan yang baik, berkonotasi positif. Namun, ada pula yang mengartikan cawe-cawe itu tidak baik,” tuturnya.

Meski begitu, secara pribadi SBY menilai cawe-cawe yang dimaksud oleh Jokowi memiliki makna yang beragam. Yakni menjadi inti silang pendapat di kalangan masyarakat.

SBY melihat hal-hal yang diperdebatkan oleh masyarakat adalah apakah Jokowi dalam proses Pilpres 2024 mendatang, Jokowi terlibat mengatur siapa-siapa yang diharapkan akan maju sebagai calon presiden dan siapa yang tidak diharapkan maju, ini baik atau tidak baik.

“Soal salah-benar atau baik-buruk ini memang harus sungguh dimengerti jika kita kaitkan dengan kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berpemerintahan,” jelas dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
20:11
09:55
13:31
06:01
02:57
Viral