Mendag Zulhas ungkap isi pertemuan Presiden Jokowi dan PM Papua Nugini James Marape.
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar-tvOne

Mendag Zulhas Ungkap Isi Pertemuan Presiden Jokowi dan PM Papua Nugini James Marape

Kamis, 6 Juli 2023 - 10:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan isi pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) James Marape di APEC Haus, Rabu (5/7/2023) lalu.

“Jadi kita selain tetangga dekat, bersaudara, keluarga bukan hanya sekedar teman. Maka dari itu kita harus bekerja lebih erat, bekerja lebih erat saja tentu tidak cukup cuma retorika, harus dipraktikkan,” kata dia di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2023).

Politikus yang akrab disapa Zulhas ini menyebutkan ada berbagai macam bidang yang diputuskan untuk bekerja sama seperti membuka sekolah ekspor bagi 1.000 pelaku UMKM di PNG.

“Intinya kerja sama berbagai bidang. Misalnya listrik. Listrik di sana agak mahal karena baru mengembangkan, kita sudah terlatih. Kita cuma 6 sen, di sana 37 sen kita bisa bantu,” tuturnya.

“Banyak lagi yang lain yang bisa dikerjasamakan. Pelatihan SDM misalnya, bagaimana ekspor/impor dan lain-lain. Bagaimana mengelola birokrasi dengan baik,” sambung dia.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini pun mengingatkan bahwa kerap melihat kesulitan yang jauh di mata seperti Afrika. Sementara, tetangga Indonesia, yakni PNG dan Timor Leste terlupakan.

Sebelumnya, melansir dari keterangan resmi Sekretariat Kabinet RI menjelaskan dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin membahas peningkatan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral