Dirut RSUD Tangerang bicara Tingkat Keterisian Tempat Tidur.
Sumber :
  • ANTARA

Gawat, Tempat Tidur di RSUD Kota Tangerang Hampir Penuh

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:26 WIB

Tangerang, Banten - Keterisian tempat tidur di RSUD Kota Tangerang Banten sudah mencapai 97,38 persen dengan rincian dari 156 tempat tidur tersedia sudah terpakai 141 tempat tidur. Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit tersebut sudah hampir penuh karena tingginya kasus Covid-19 di Kota Tangerang.

"Saat ini kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya. Sesuai dengan prediksi pengamat kesehatan dua minggu pasca-lebaran Idulfitri lonjakan terus meningkat tajam. Akan kembali menurun dua bulan kemudian. Terbukti persentasi tempat tidur di RSUD Kota Tangerang sudah 97,38 persen telah terisi," kata dr Dini Anggraeni, Direktur RSUD Kota Tangerang melalui siaran resmi, Kamis.
 
Grafik penambahan pasien Covid-19 rawat inap 1-10 Juni masih diangka 10 hingga 16 pasien per harinya. Namun lonjakan terus meningkat sejak 10 Juni hingga saat ini dengan rata-rata 25 hingga 31 pasien baru masuk setiap harinya.

"Peningkatan ini diiringi dengan pasien yang sembuh atau keluar. Namun, angka pasien masuk berbanding jauh dengan pasien yang keluar. Sehingga, kepadatan pasien Covid-19 di RSUD Kota Tangerang pun saat ini terjadi," katanya.

Ia menjelaskan dengan kondisi lonjakan yang terjadi saat ini, RSUD Kota Tangerang sudah menambah ketersediaan tempat tidur dua kali.

"Normalnya, kapasitas tempat tidur RSUD Kota Tangerang itu 104 bed. 7 Juni kita tambah 26 bed, lalu beberapa hari tambah lagi 26 bed. Semua penambahan dilakukan di lantai 8, totalnya 156 tempat tidur," ujarnya.

Ia menuturkan pasien Covid-19 di RSUD Kota Tangerang bukan pasien dalam penanganan biasa. Pasien berusia 18 tahun ke atas dan beberapa kategori lansia. Pasien kebanyakan mengalami kesulitan bernafas tanpa bantuan oksigen, mulai dari ringan hingga berat dengan saturasi oksigen yang rendah.

"Dalam kondisi ruang isolasi yang penuh, kondisi pasien yang tergolong butuh penanganan khusus. Belum lagi, permintaan dari pasien RIT. Melalui 102 perawat khusus Covid-19, empat dokter paru dan lima dokter spesialis dalam, RSUD Kota Tangerang terus berusaha memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin," katanya. (act/ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral