Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Rika Pangesti

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Ungkap 30 Negara Masuk Pasien IMF, 11 Mulai Membaik

Kamis, 27 Juli 2023 - 00:38 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa sebanyak 11 negara sudah mulai membaik menjadi pasien International Monetary Fund (IMF).

Sebab, akibat kondisi dunia beberapa waktu lalu sebanyak 30 negara tercatat masuk kedalam pasien IMF.

"Per hari ini ada 30 negara menjadi pasien IMF, dan 11 baru mulai membaik. Pada saat krisis adalah 1998 itu hanya kurang dari 10 negara, tapi kali ini betul-betul pasca pandemi banyak negara jadi pasien," kata Airlangga di Hotel Grand Sheraton, Gandaria City, Jakarta Selatan.

Airlangga mengatakan, dunia kini juga mengahadapi permasalahan mulai dari pangan hingga pupuk energi. Sementara, menurut Airlangga, Indonesia berhasil menangani permasalahan-permasalahan itu.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu di atas berbagai negara lain, bahkan diantara negara-negara terbesar di dunia G20. Pertumbuhan Indonesia adalah yang kedua kita tumbuh di 5,03 persen," jelasnya.

Dia menambahkan, PMI Manufaktur Indonesia juga kini berada pada level ekspansif sebesar 52,7, naik dari posisi bulan lalu yang sebesar 50,3.

"Dan ini adalah level tertinggi dalam 1,5 tahun terakhir, dan diatas negara negara maju seperti Jepang dan Inggris. Kinerja PMI Indonesia juga lebih baik dari Malaysia 47,7 dan Vietnam 46,2 yang mengalami kontraksi," ujarnya.
 

Ia mengatakan, terus menguatnya aktivitas ekonomi membuat PMI Indonesia melanjutkan level ekspansif yang stabil dan berkelanjutan selama 22 bulan beruntun.

"Ini meningkatkan ekspektasi positif pelaku usaha atas kondisi ekonomi Indonesia,  sehingga berpeluang dalam menarik investasi baru ke dalam negeri," pungkasnya. (rpi)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral