Anies Baswedan saat menerima tombak Cakra dari warga Kotagede, Minggu malam (13/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Berziarah ke Makam Raja-Raja Mataram Islam, Anies Baswedan Diberi Tombak Cakra oleh Warga Kotagede

Senin, 14 Agustus 2023 - 10:53 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com -  Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, melakukan ziarah di makam raja-raja Mataran Islam di Kompleks Masjid Kotagede yogyakarta, Minggu (13/8/2023) petang.  

Anies Baswedan bersama rombongan tiba di komplek makam raja - raja kerajaan Mataram Islam di Kotagede Minggu (13/8) menjelang petang.

Sesuai adat yang ada, setiap peziarah di makam kerajaan Mataram harus mengenakan pakaian tradisional jawa atau pakaian peranakan seperti yang dipakai para abdi dalem. Sehingga Anies Baswedan pun berganti pakaian menggunakan pakaian tradisional jawa peranakan.

Dalam kesempatan tersebut selama 30 menit Anies Baswedan ziarah ke makam Ki Ageng Pemanahan dan Panembahan Senopati.  Usai ziarah, Anies  Baswedan keluar dan disambut warga Kotagede dan sekitarnya yang sudah menunggu sejak siang hari.

Salah seorang perwakilan warga Kotagede kemudian menyerahkan tombak cakra Kotagede kepada Anies Baswedan dan bacapres ini pun langsung mengamati tombak tersebut.

" Usai ziarah  di Kotagede di makam Panembahan Senopati, malam ini kami menerima sebuah cakra yang bentuknya serupa dari keluarga besar Kotagede anak turunan dari para pendiri Mataram Islam," ungkap Anies Baswedan kepada media, Minggu (13/8) malam.

Anies Baswedan menambahkan tombak cakra ini, mengingatkannya peristiwa tahun 2015, dimana saat itu Anies menerima pengembalian cakra Pangeran Diponegoro yang diambil oleh Belanda pada tahun 1828.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral