Presiden Joko Widodo saat akan menghadiri sidang tahunan MPR/DR/DPR tahun 2023..
Sumber :
  • tim tvonenews/Julio

Jokowi Sadar Dirinya Dijadikan Alat "Paten-Patenan" Untuk Pemilu 2024

Rabu, 16 Agustus 2023 - 11:31 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Jelang pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2024, Presiden Joko Widodo menyadari suhu politik nasional mulai menghangat. Jokowi bahkan menyadari dirinya kerap menjadi alat legitimasi partai politik untuk melakukan manuver.

"Saya paham sudah nasib seorang Presiden untuk dijadikan “paten-patenan”, dijadikan alibi, dijadikan tameng," kata Presiden Joko Widodo saat membacakan pidato kenegaraan di sidang tahunan DPR/MPR, Rabu (16/8/2023).

Pernyataan presiden ini disampaikan pada awal-awal pidato kenegaraan yang disampaikan di hadapan seluruh anggota DPR, DPD dan MPR RI.

Jokowi melanjutkan, fotonya juga kerap dijadikan komoditas politik oleh para cakal calon presiden untuk melakukan kampanye politik.

"Bahkan walau kampanye belum mulai, foto saya banyak dipasang dimana-mana. Saya ke Provinsi A eh ada, ke Kota B eh ada, ke Kabupaten C ada. Sampai ke tikungan-tikungan di desa ada juga.
Tapi, bukan foto saya sendirian. Ada yang disebelahnya bareng Capres. Ya nda apa, boleh-boleh saja," papar Jokowi.

Selain menggunakan dirinya sebagai bahan kampanye, Jokowi juga menyadari tahun 2023 ini suhu politik nasional mulai menghangat. 

"Kita saat ini sudah memasuki tahun politik. Suasananya sudah hangat-hangat kuku dan sedang tren di kalangan politisi dan parpol," kata Jokowi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral